Monday, October 06, 2008

Tulang Punggung Informasi di Indonesia (Kapan bisa murah)

tulang punggung yang saya maksud adalah tulang punggung informasi di Indonesia.

bayangkan apabila satelit Palapa atau generasi penerusnya ditabrak oleh satelit negara lain. apajadinya sistem komunikasi global untuk wilayah Indonesia ?!!.

Salah satu solusinya adalah dengan menciptakan sistem tulang punggung telematika (istilah yang aneh) backbone. Indonesian-Backbone-Communication-System (sok keren)


Gambar IBCS (Indonesian Backbone Communication System)


courtesy of "http://www.budpar.go.id/page.php?ic=801"


Gambar IBCS diatas merupakan mentahan dari bayangan saya terhadap internet gratis yang akan dinikmati oleh rakyat Indonesia. Dan tentunya tidak hanya garis merah besar itu saja. tapi bercabang ke pedalaman Indonesia. Hanya untuk satu tujuan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia.


Keuntungan dari Indonesian backbone communication system adalah (1) Internet gratis (2) Pertahanan dan keamanan Indonesia yang berhubungan dengan kedaulatan negara akan lebih terjaga, karena Indonesian backbone communication system ini juga meliputi jaringan wifi yang mencakup wilayah laut Indonesia. Sehingga dapat memonitor perbatasan laut tanah air.

dengan adanya IBCS atau Indonesian Backbone communication sysyem, semoga iklim investasi dan iklim pengetahuan di Indonesia akan lebih berkembang. dan lebih maju berkali-kali lipat dibandingkan saat ini.
s

0 comments:

Post a Comment